Hari Asma Sedunia 7 Mei


World Asthma Day – 7 Mei
Hari Asma Sedunia pertama, pada tahun 1998, dirayakan di lebih dari 35 negara bersamaan dengan Pertemuan Asma Sedunia pertama yang diadakan di Barcelona, ​​Spanyol.
Hari Asma Sedunia didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit yang merusak ini dan berupaya untuk membawa kesadaran dan perawatan asma tingkat lanjut kepada para penderita di seluruh dunia.
sekitar 250.000 orang meninggal setiap tahun akibat asma
Defenisi:
Asma adalah suatu kondisi di mana saluran nafas menyempit dan membengkak serta menghasilkan lendir yang lebih banyak
Asma merupakan kondisi yang diakibatkan inflamasi kronis pada saluran napas yang kemudian dapat meningkatkan kontraksi otot polos.di sekeliling saluran napas. Hal ini, bersama dengan faktor lain menyebabkan penyempitan saluran napas sehingga menimbulkan gejala klasik berupa mengi. Penyempitan saluran napas biasanya dapat pulih dengan atau tanpa pemberian terapi
Berbeda dengan emfisema, asma akan mempengaruhi saluran pernapasan, dan bukannya alveoli
Spirometri adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi asma
Gejala umum:
Gejala umum meliputi mengi, batuk, dada terasa berat, ekspirasi memanjang, dan sesak napas
Gejala biasanya memburuk pada waktu malam atau pagi hari atau sebagai respons terhadap kegiatan olahraga atau udara dingin
Penyebab:
Genetik dan lingkungan
Lingkungan diantaranya: allergen (tungau, debu, kecoa, dan jamur), polusi udara, dan senyawa kimiawi lingkungan. Merokok selama masa kehamilan dan setelah melahirkan dihubungkan dengan risiko yang lebih besar untuk gejala mirip asma
Genetik: Pada akhir tahun 2005, 25 gen telah diasosiasikan dengan asma pada enam atau lebih populasi terpisah di antaranya:GSTM1, IL10,CTLA-4, SPINK5,LTC4S, IL4R and ADAM33. Kebanyakan dari gen ini berhubungan dengan sistem imun atau modulasi proses peradangan
Pengobatan:
Saat gejala asma muncul, umumnya dokter merekomendasikan inhaler sebagai pengobatan. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan inhaler juga bisa memunculkan efek samping pada penggunanya.
Ada 2 jenis inhaler, yaitu ventolin ringan dan preventer inhaler atau inhaler dengan kortikosteroid.
Efek samping inhaler ventolin yang ringan, yaitu:
1.       Pusing yang disertai sakit kepala.
2.       Mengalami insomnia atau susah tidur.
3.       Rasa nyeri pada otot.
4.       Hidung tersumbat hingga meler.
5.       Kering pada mulut dan tenggorokan.
6.       Batuk meski bukan karena sedang sakit.
7.       Sakit tenggorokan hingga suara serak.
Efek samping preventer inhaler atau inhaler dengan kortikosteroid, yaitu:
1.       Sakit mulut dan
2.       Infeksi fungi pada mulut.
3.       Tulang melemah pada dewasa.
4.       Muncul glaucoma atau cairan di dalam mata, tekanan darah tinggi di mata bisa muncul dalam penggunaan jangan panjang.
Asma sangat lazim terdapat di daerah-daerah yang mempunyai kualitas udara yang rendah.
Pengobatan herbal asma:
Cara 1
100 gram akar alang-alang, 25 gram kencur, 25 gram daun sirih. Semuanya direbus dalam 1 liter air sampai tinggal setengah, saring, masukkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok the air jeruk nipis. Minum sekaligus sebelum tidur malam.
Cara 2
3 siung bawang putih dikupas, dicuci, dan ditumbuk halus. Tambahkan 1 sendok makan madu dan gula batu yang sudah dicairkan. Campurkan semua bahan, aduk rata, saring. Minum setiap pagi.
Cara 3
1,5 jari rimpang temulawak dicuci, kuas dan iris, rebus dengan 5 gelas air larutan ini untuk diminum 3 kali sehari.
Cara 4
3 tangkai seledri dan 9 daun kapuk randu dicuci, ditumbuk. Beri gula aren, sedikit garam, dan ½ gelas air. Aduk rata, saring. Diminum sebelum sarapan 3 hari berturut-turut.

Posting Komentar

0 Komentar